Rabu, 23 November 2011

Menggunakan Hibernate sebagai penghemat daya

Assalamualaikum..
apa kabar kawan2?? semoga dalam keadaan baik ya.. oia saya mau share nih tentang Hibernate.
jadi saya lagi otak-atik lagi nih komputer ternyata menemukan tab hibernate nah pas saya gunakan ternyata fungsinya hampir sama loh ketika menggunakan windows7.
nah sebelum kita lanjut membahas tentang hibernate, tau gak c artinya apa?? hibernate adalah salah satu mode dalam manajemen power dimana dalam status ini komputer akan menyimpan isi memory ke dalam harddisk untuk kemudian supply power ke komponen-komponen tertentu diputus sehingga konsumsi power dapat diminimalkan.
Hibernate hampir sama dengan mode Standby, hanya saja hibernate lebih sedikit mengkonsumsi power dikarenakan dalam kondisi ini komputer tidak perlu mensupply RAM, tentunya dengan konsekuensi waktu pengaktifannya (wakeup) lebih lama dibandingkan apabila aktif dari status standby.

nah gini deh caranya..
1. pada saat windows aktif klik kanan lalu properties deh..
2. cari tab screen saver lalu klik powernya lihat gambar..


3. centang enable hibernta selsai dan apply maka akan secara otomatis PC kita akan hemat daya ketika tidak dipakai.. lihat gambar..

Ada yang perlu teman2 perhatikan bahwa untuk memfungsikan hibernate ini diperlukan free space pada komputer atau laptop teman2 mulai 500MB hingga 1,5GB tergantung spesifikasi komputer teman2. Jadi jika alokasi free space komputer/laptop teman2 kurang dari itu, jangan heran jika teman2 tidak bisa mengaktifkan hibernate ini dan opsi “Enable Hibernate” pun secara otomatis di-disable, tidak bisa dicentang.

Kemudian untuk mencobanya, teman2 bisa mengklik tombol windows, lalu pilih Hibernate. Tapi jika opsi ini tidak muncul, maka pilih turn off Computer, lalu akan muncul opsi. Tekan tombol shift pada keyboard, maka fungsi yang awalnya untuk stand by akan berubah menjadi tulisan Hibernate. Lalu tekan Enter.


ya begitulah share dari saya semoga bermanfaat ya, silahkan di tanyakan jika ada yg kurang jelas dan silahkan keliling2 blog saya ya.,. terimakasih
wassalamualaikum..

0 komentar:

Posting Komentar